Mengenal Jenis-Jenis Iklan

9:05:00 PM


Ketika seseorang ingin mempromosikan suatu produk tentu ia harus mempertimbangkan banyak faktor sebelum mengiklankan produknya. Pemilihan jenis iklan yang tepat merupakan salah satu tindakan bijaksana dalam memastikan atau memaksimalkan keefektifan sebuah iklan. Seperti yang kita ketahui ada beberapa jenis iklan yang akan menentukan segmentasi konsumen yang dituju, dan kali ini blog kami akan membahas tentang berbagai jenis iklan yang ada saat ini, berikut ulasannya:

A. Iklan Cetak
                Dalam proses pembuatannya, iklan cetak membutuhkan kreativitas yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya media yang dapat digunakan. Berdasarkan luas space yang digunakan, iklan cetak yang biasa tercantum di surat kabar, majalah, dan tabloid, dibagi dalam beberapa bentuk, yaitu:
1.       Iklan baris
Iklan baris ditulis secara singkat, biasanya hanya 2 sampai 3 baris saja, karena iklan ini hanya memuat informasi yang penting saja.



2.       Iklan Kolom
Berbeda dengan iklan baris, iklan kolom memiliki ukuran yang lebih besar daripada iklan baris. Bahkan tidak hanya kata-kata saja, terkadang iklan kolom terdiri dari ilustrasi atau gambar.



3.       Iklan Advertorial
Iklan yang dikemas dalam bentuk sebuah berita.



4.       Iklan Display


Selain menuliskan pesan verbal, iklan ini juga memunculkan ilustrasi atau gambar dari suatu produk yang diiklankan.



B. Iklan Elektronik
                Iklan elektronik adalah iklan yang dalam penyampaiannya memanfaatkan media berbasis perangkat elektronik. Iklan elektronik dapat berupa iklan radio serta iklan televisi.
1.       Iklan radio
Iklan yang hanya dapat didengarkan melalui audio. Iklan radio dapat disampaikan secara langsung oleh penyiarnya (ad lib), bisa juga melalui proses perekaman terlebih dahulu (spot), maupun memberikan waktu khusus bagi sponsor untuk menyampaikan pesan mereka dengan cara membiayai sebuah program (sponsor program).

2.       Iklan televisi

Berbeda dengan iklan radio yang hanya bisa didengarkan saja, iklan televisi lebih mampu menarik perhatian audience karena meliputi unsur suara, gambar, dan gerak. Beberapa jenis iklan televisi adalah live action, animation, stop action, dan sebagainya.

(contoh iklan live action)


(contoh iklan animation)

(contoh iklan stop action)


C. Iklan Internet (Online)

Iklan yang terpasang dan dapat ditemukan pada jaringan internet. Iklan internet dibagi dalam beberapa jenis, direct advertising, sponsorship, dan masih banyak lagi.
(contoh iklan direct advertising)

(contoh iklan sponsorship)

Daftar Pustaka:
                Neni, Izzati. 18 Maret 2011. Jenis-Jenis Iklan. Diakses pada tanggal 28 Mei 2016. https://notasimediaerni.wordpress.com/2011/03/18/jenis-jenis-iklan/
                Jiwil, Iesha. 16 Oktober 2011. Jenis-Jenis Iklan Pembagian Secara Umum. Diakses pada tanggal 28 Mei 2016. http://ieshajiwil.blogspot.co.id/2011/10/jenis-jenis-iklan-pembagian-secara-umum.html


Created by:
Widya Larasati / 150905689

You Might Also Like

0 comments

Powered by Blogger.