Apa Kata Mereka?

12:11:00 AM



Pada era globalisasi seperti saat ini, kehidupan masyarakat tidak pernah luput dari informasi. Informasi yang didapat oleh masyarakat berasal darimana saja, termasuk iklan. Tidak hanya di media cetak namun juga media elektronik sudah sangat dipenuhi dengan iklan. Iklan pada zaman sekarang juga sudah sangat kreatif dan sangat menarik untuk dilihat atau diperhatikan. Kreativitas dari iklan dapat mempengatuhi masyarakat pula. Banyak masyarakat yang “termakan” omongan iklan sehingga merka merasa penasaran dengan suatu produk / jasa.

Setiap harinya, masyarakat tidak akan pernah tidak melihat iklan, diluar dari konteks penting atau tidaknya, terkadang iklan sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mengetahui produk – produk yang ada atau dimiliki oleh suatu perusahaan. Melihat dari sisi bisnis, iklan digunakan oleh perusahaan – perusahaan untuk memperkenalkan produknya, khususnya produk keluaran baru. Iklan dianggap sebagai media yang penting untuk menyebarkan informasi mengenai suatu produk atau jasa.

Adapun kelebihan iklan yaitu mempermudah perusahaan untuk membujuk masyarakat untuk tertarik pada produknya. Iklan ini sendiri juga dikatakan lebih efektif dan efisien karena dapat menjangkau masyarakat secara luas. Selain kelebihan, ada juga kekurangan dari iklan yaitu bagi perusahaan biaya yang dikeluarkan harus besar (mahal), menyebabkan masyarakat yang cenderung konsumtif karena rasa penasaran terhadap produk tersebut. Selain itu, masyarakat sering merasa kecewa akan perbedaan hasil dari apa yang diiklankan dan dari produknya yang asli.

Maka untuk menunjukkan pendapat masyarakat mengenai iklan, pada hari Rabu, 25 Mei 2015 saya melakukan wawancara secara random kepada lima mahasiswa FISIP UAJY. Saya berusaha mengambil sample secara random namun tetap berusaha agar responden dapat mewakili setiap konsentrasi studi dan dari berbagai angkatan yang ada di FISIP UAJY. Akhirnya saya menemukan lima responden yang mana mereka adalah Kak Santha (konsentrasi studi “Journal” angkatan 2014), Kak Kevin (konsentrasi studi “Kajian Media” angkatan 2013), Uca (konsentrasi studi “Public Relations” angkatan 2015), Niko (konsentrasi studi “Public Relations” angkatan 2015), dan Kak Saka (konsentrasi studi “Advertising” angkatan 2013).
Saya memberikan pertanyaan kepada lima responden ini tidak jauh dari tema “Periklanan”. Pertanyaan yang saya berikan kepada mereka adalah:

  1.  Apakah Anda pernah memperhatikan iklan? Jika ya, iklan cetak atau iklan elektronik?
  2.  Pernahkah Anda terpengaruh terhadap iklan itu sendiri?
  3.  Menurut Anda, apakah iklan itu penting?
  4.  Apa saja kelebihan dan kekurangan iklan menurut Anda?



Berdasarkan empat pertanyaan yang sudah saya ajukan, dari pertanyaan pertama dapat disimpulkam bahwa kelima responden sering memperhatikan iklan. Dua dari lima menjawba sering memperhatikan iklan elektronik dan tiga dari lima menjawa sering memperhatikan keduanya (iklan cetak maupun elektronik). Hal ini dapat disimpulkan bahwa pada era sekarang ini, iklan sangat menarik sehingga selalu diperhatikan oleh masyarakat.
Berdasarkan pertanyaan kedua, dapat disimpulkan bahwa empat dari lima responden merasa pernah terpengaruh oleh iklan. Mereka beranggapan bahwa iklan dapat mempersuasi mereka sehingga timbulnya rasa ingin tahu mengenai produk yang diiklankan. Biasanya produk yang dapat mempersuasi masyarakat lebih kepada produk kecantikan, misalnya sabun ataupun bedak pemutih kulit.

Berdasarkan pertanyaan ketiga yang saya ajukan, dapat disimpulkan bahwa kelima responden merasa bahwa iklan menjadi sesuatu yang penting. Penting yang dimaksudkan disini lebih kepada perusahaan yang memiliki produk, agar produk yang dikeluarkan dapat diketahui oleh masyarakat. Perusahaan dapat menggunakan iklan untuk mengaktualisasi dan mempromosikan produk yang mereka miliki.

Berdasarkan pertanyaan terakhir, mengenai kelebihan dan kekurangan iklan, dapat disimpulkan kelima responden merasa bahwa kelebihan iklan terfokus pada usaha untuk mempersuasi dan mempromosikan produk yang dimiliki perusahaan agar masyarakat dapat mengetahuinya. Namun dibalik kelebihan itu, kekurangannya adalah adanya sesuatu yang dilebih – lebihkan. Responden menilai ada banyak produk yang hasilnya tidak sesuai dengan apa yang ada di iklankan.
Semua jawaban responden atas empat pertanyaan yang saya ajukan, dapat disimpulkan bahwa masyarakat saat ini sering memperhatikan iklan baik cetak maupun elektronik. Masyarakat juga sudah sering menjadi korban atau terpengaruh oleh iklan sehingga masyarakat ingin mencari tahu produk tersebut. Iklan menjadi sesuatu yang penting ketika iklan itu sendiri bisa menjadi sumber informasi mengenai produk yang dicari dan menjadi wadah untuk mempersuasi masyarakat bagi perusahaan yang memiliki produk atau jasa. Fokus dari masyarakat adalah ketika hadil dari produk tidak sesuai dengan apa yang ada di iklan, itu menjadi kekurangan dari iklan.


Daftar Pustaka:

Supriadi, Cecep. 22 Mei 2013. Kelebihan dan Kekurangan Berbagai Media Periklanan. Diakses pada tanggal 27 Mei 2016. http://www.marketing.co.id/kelebihan-dan-kekurangan-berbagai-media-periklanan/

UteroAdvertising. 12 Desember 2012. Kelebihan dan Kekurangan Media Iklan. Diakses pada tanggal 27 Mei 2016. http://www.uterogroup.com/news/kelebihan-dan-kekurangan-media-iklan.app 


Created by:
Liem, Sandra Clarissa / 150905711 

You Might Also Like

1 comments

Powered by Blogger.