Beriklan di Televisi, Mahalkah?

6:36:00 PM

Sampai dengan saat ini, media elektronik khususnya TV masih menjadi salah satu media yang paling untuk efektif untuk beriklan. Mengapa? Karena Indonesia terdiri atas banyak pulau yang sulit dijangkau oleh media lainnya seperti koran, radio, majalah, dll. Hal ini terjadi karena adanya keterbatasan waktu dan tempat. Selain itu, minat baca masyarakat terhadap media cetak berangsur menurun. Lalu bagaimana dengan TV? Di jaman modern seperti ini, nampaknya hampir setiap desa, bahkan setiap rumah memiliki TV. Masyarakat tidak perlu memiliki kemampuan khusus untuk dapat menggunakan TV, hal inilah yang menyebabkan TV semakin diminati oleh masyarakat dan menjadi sasaran yang tepat dalam beriklan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Nielsen pada bulan Januari – September 2015, TV merupakan media utama yang digunakan oleh masyarakat Indonesia (95%), disusul dengan Internet (33%), Radio (20%), Surat kabar (12%), Tabloid (6%) dan Majalah (5%).
Lalu berapakah biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk beriklan di TV? Sampai dengan saat ini, beriklan di TV merupakan biaya termahal perihal harga jika dibandingkan dengan pasang iklan di media yang lain.
1 kali tayang         =       1 spot
1 spot                   =       30 detik

Penayangan iklan di TV juga memperhatikan kategori-kategori dibawah ini :
1. Karakteristik Stasiun TV 
    TV yang memiliki rating tinggi mematok harga yang lebih besar perkali tayang, sekitar 10 – 15 juta. Bearbeda dengan TV lokal yang mematok harga lebih murah, berkisar antara 50 – 30 ribu per spot.
2. Rating Program Acara 
   Acara yang sedang tayang juga mempengaruhi harga iklan yang disiarkan. Contoh, iklan yang tayang pada saat acara The Voice akan berbeda dengan iklan yang tayang pada saat acara Liputan 6. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah penonton. 
3. Jenis Penyiaran Acara 
   Jenis yang dimaksud disini adalah siaran langsung (Live) atau tunda (Delay). Iklan yang tayang pada siaran live mematok harga lebih mahal dibandingkan dengan siaran delay. 
4. Peletakan Iklan 
   Iklan yang ditayangkan pertama kali setelah program acara akan lebih mahal dibandingkan dengan iklan yang dipasang antara iklan lain. 
5. Jam Penayangan
   Jam tayang iklan yang diperkirakan ramai penonton akan mematok harga lebih mahal dibandingkan dengan jam tayang yang tidak ramai penonton.

JAM
BIAYA
SPOT
00.00 – 05.00
Rp5.000.000,00 - Rp7.000.000,00
30 detik
05.00 – 08.00
Rp7.000.000,00 - Rp9.500.000,00
30 detik
08.00 – 12.00
Rp6.000.000,00 - Rp8.000.000,00
30 detik
12.00 – 13.00
Rp7.000.000,00 - Rp9.500.000,00
30 detik
13.00 – 17.00
Rp6.000.000,00 - Rp8.000.000,00
30 detik
17.00 – 21.00
Rp12.000.000,00 - Rp14.000.000,00
30 detik
21.00 – 00.00
Rp7.000.000,00 - Rp9.500.000,00
30 detik



Sumber :

           http://agency-iklan.com/pasang-iklan-tv/
  
 http://akarpadinews.com/read/seni-hiburan/orang-indonesia-94-persen-sukanonton-tv-24   persen-pilih-nontonsinetron 

 http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2014/nielsen-konsumsi-media-lebih-tinggi-di-luar-jawa.html

   http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2015/Nielsen-Program-Hiburan-dan-Serial-Paling-Banyak-Menyerap-Belanja-Iklan-TV.html


         Created by:
          Cathrine Silalahi / 150905705

You Might Also Like

0 comments

Powered by Blogger.