Wawancara "Instan" Bersama Biro Iklan

11:07:00 PM


            Beberapa hari yang lalu Jendela Advertising mengunjungi kantor Kedaulatan Rakyat Yogyakarta untuk melakukan wawancara dengan Kepala Periklanan KR, namun ternyata yang bersangkutan berhalangan hadir. Maka, kami memutuskan untuk mewawancarai biro iklan yang ada di kantor KR. Berikut transkrip wawancara kami:

A = ANIS
R = RENZA

A         : Bapak itu hanya di KR aja atau ke media yang lain?
R         : Sebenernya ke semua media bisa, cuma lebih memprioritaskan ke KR
A         : Ooo.. jadi kalo misalnya saya mau mengiklankan sesuatu itu lewat Bapak?
R         : Iya.. cuman kan biasanya beda biro ya beda berapa persen gitu
A         : Kira-kira Bapak udah berapa tahun ya udah kerja kayak gini?
R          : dari 2007
A         : suka dukanya?
R          : sukanya ya kalo pas dapat uang besar ya lumayan.. kalo yang kecil ya kita sih kita nerima-nerima aja
A         : jadi prosesnya gimana ya Pak?
R          : prosesnya kalo kami biro ini ya cukup lewat sms aja. Jadi client nanti pengennya apa ya tinggal BBM/SMS aja untuk pengajuan nanti kami tinggal bayar didepan atau dibelakang aja
A         : kalo bayar ke biro biasanya sistemnya gimana ya Pak?
R          : tergantung.. pokoknya kita main persen aja, jadi ya berapa persennya ajalah dari harga tarif.
A         : rata-rata kalo di KR itu pelanggannya langusng ke biro dulu apa langsung ke KRnya ya Pak?
R          : langsung ke KRnya juga ada, tapi 80%nya ke biro. Jadi kayak iklan baris gitu U-80% ya langsung ke biro kan lebih murah dan ada aturannya sendiri. Soalnya kalo lewat biro kan ada tempo bisa bayar belakangan atau nyicil, klo lewat KR kan harus cash
A         : jadi lewat biro itu lebih mudah ya Pak?
R          : iya.. bayar belakangan juga ga masalah. Modalnya sih cuma percaya aja sama client
A         : jadi iklan di tampilin dulu baru bayar?
R          : iya.. tapi liat sikon lah.. kayak mungkin kampus gitu kan nggak mungkin lari kan, jadi bayar didepan apa belakang juga nggak masalah. Tp kalo untuk person-person gitu lebih ke bayar diawal
A         : kira-kira sehari ada berapa pelanggan ya Pak?
R          : nggak tentu sih, kalo sekarang sih agak sepi ya semenjak ada internet. Jadi iklan lebih condong lari ke online. Kalo koran sih udah ngga terlalu berpengaruh lah ya.  Konsumen skrg lebih ke online, media cetak menurun.
A         : pendapatannya Pak?
R          : pokoknya dulu sebulan biasanya bisa sampe 100 juta, kalo sekarang paling 2 juta atau 3 juta. Jd penurunannya drastis.
C         : biasanya yang pake jasa biro ini bidang apa ya Pak?
R          : ya semua.. kalo kayak iklan baris ya paling kayak sumur, terowongan.. tapi kalo display (halaman awal 1-2) itu kampus, atau kalo hari minggu biasanya ada kuliner. Tapi kalo kampus-kampus biasanya dapet diskon atau tarif sendiri. Ya nggak hafal satu-satu sih biasanya kita data lewat email.
A         : bapak lebih condong ke KR atau ke media lain juga main?
R          : sebenernya sih media lain juga main, semua media main.. kayak ke suara merdeka, solo post, tribun, kr gitu. Bahkan, kompas pun jg. Cuman karena ini media lokal, jadi banyaknya lebih ke sini. Tapi semua media bisa sebenernya.
A         : di biro iklan ini bapak kerja sendiri atau sama temen bapak?
R          : paling berdualah. Atau sendiri juga bisa.
A         : oo berarti sendiri jg bisa jalan Pak?
R          : bisa, yang penting punya ada computer atau kan dikasih software dari sini juga
A         : oo ada software jg Pak? Softwarenya dibuat apa Pak?
R          : jadi ini softwarenya seperti kita ngetik iklan baris gitu, jadi ya tinggal ketik, copy dan print aja sama kayak word. Persis sama yang di monitor itu. Cuman kalo untuk biro itu udah dikasih aplikasinya sendiri silakan ketik sendiri dirumah gitu. Jadi kami disini tinggal ngemailkan, diprint gitu terus nanti bayar disini aja.
A         : nama biro bapak apa ya Pak?
R          : dado advertising, kalo teman saya asri advertising
A         : ada kantornya Pak?
R          : karna kita cuma 1 apa 2 orang jadi ya nggak perlu ada kantor sih, by email aja. Bahkan yang paling besar aja contohnya tadi Padi Advertising, terkenal kan itu? Itu aja kantornya biasa, yang penting kan duitnya. Orang kan nggak ngeliat kantornya, yang penting saya pasang terus ditagih gitu aja.
A         : jadi prosesnya, client masukin iklan atau?
R          : client pingin pasang iklan ke kr tapi melalui saya dulu. Soalnya kan kalo kesini mungkin jauh ya, jadi misalnya dia mau pasang 10 hari dulu ya tinggal bilang ke saya. Jadi ngga perlu kesini (KR). Jadi ya nanti paling tinggal saya naikin seribu atau dua ribu aja dari tarif yang biasanya. Nggak masalah, konsumen skrg kan nilai rupiahnya tinggi. Cuman bedanya kalo dateng langsung kan bayarnya lebih murah gitu. Biasanya kalo pasang iklan baris lewat biro malah kita dapet komisi dari KRnya. Jadi ada perbedaan harga juga
A         : oo gitu ya Pak..
R          : jadi kan biasanya kalo ada iklan nasional kayak iklan rokok gitu ya lewat biro
A         : jadi yang di billboard itu lewat biro juga?
R          : iya billboard semua itu. Soalnya kan biro ada ijin sama channel sampe ke pemerintah juga, bagian perijinan. Karna kalo nggak pake biro itu susah biasanya..
A         :bedanya pake biro sama enggak?
R          : jadi kan ada kategori kayak iklan nasional atau lokal itu semuanya pake biro jadi dapet diskon. Beda sama langsung ke media. Kalo ke media biasanya langsung tapi ya ngga dipersulit.
A         : kenapa ya Pak?
R          : kenapa ya karna kan gini.. karna tiang baliho itu kan ada yang punya, nah dia kalo mau masang disitu harus ijin sama yang punya. Nggak mungkin kan masang sembarangan nanti diangkat sama satpol PP.
A         : jadi kalo mau beriklan lebih mudah lewat media cetak ya pak?
R          : iya.. apalagi mungkin kalo di biro media cetak ada tempo pembayarannya, bisa bayar penuh atau nyicil. Biasanya kalo kampus-kampus minta bayar belakangan

            Jadi, berdasarkan wawancara yang kami lakukan, kami dapat menyimpulkan bahwa saat ini media cetak kurang berpengaruh dikalangan masyarakat semenjak munculnya internet. Sehingga, pendapatan biro iklan menurun drastis. 





Created by:
Cathrine Silalahi / 150905705

You Might Also Like

0 comments

Powered by Blogger.