Analisis Iklan 'All Fresh'

8:57:00 PM

 

     Iklan adalah bentuk penyajian pesan yang dilakukan oleh komunikator secara non personal melalui media untuk ditunjukan pada khalayak dengan harapan tertentu. Pada umumnya iklan memiliki 4 peran yaitu, peran marketing, komunikasi, ekonomi, dan sosial. Marketing atau pemasaran memiliki tujuan  untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan para khalayak dengan menyediakan barang dan jasa. Dalam hal ini, iklan berperan untuk membantu mempromosikan dan mempengaruhi khalayak untuk membeli produk. Dalam video yang kami tampilkan diatas, iklan ini sudah memenuhi peran marketing karena pembuat iklan membantu mempromosikan produk 'All Fresh' dengan cara menampilkan beberapa anak yang menjadi media promosi yang membawa kantung yang ternyata berisi buah. Walaupun menurut saya pribadi iklan tersebut sedikit aneh karena tidak ada hubungan yang pas antara orang tua yang menyadari bahwa mereka terlalu sibuk dengan kegiatannya dan melupakan waktunya bersama sang anak dengan buah yang tiba-tiba dibawa sang anak. Tapi menurut saya peran marketing ini cukup sukses karena iklan ini membuat saya terpersuasi untuk berbelanja buah di 'All Fresh' tepatnya di Rest Area KM 19 Tol Cikampek, Bekasi pada beberapa waktu lalu.

     Peran yang kedua yaitu komunikasi, iklan merupakan pesan tentang suatu produk/jasa yang disampaikan pada khalayak melalui media massa maupun non media massa. Tentunya agar iklan  dapat diterima dengan baik oleh khalayak, iklan tersebut sebaiknya dapat menarik perhatian, menggugah perasaan khalayak guna menimbulkan respon dan memberi informasi. Dalam video yang kami tampilkan diatas, iklan ini sudah memenuhi peran komunikasi karena saya pribadi dan teman-teman sekelompok saya tertarik untuk melihat iklan ini karena cerita yang berada di dalamnya sangat menarik perhatian sehingga saya dan teman-teman saya merasa ingin melihat iklan ini sampai selesai.  Iklan ini sudah terbukti menggugah perasaan khalayak, karena jujur saja ketika melihat iklan ini Saya, Desy, dan Sandra mengeluarkan air mata tanpa kita sadari karena kita terlalu terbawa perasaan. Lalu, selain memberikan informasi terselubung mengenai promosi tokoh buah, iklan tersebut juga memberi informasi bahwa kita harus sering-sering meluangkan waktu bersama keluarga kita.

      Peran yang ketiga yaitu ekonomi, iklan dapat menumbuhkan perekonomian suatu negara. Hal ini tidak dapat terlihat dalam video iklan ini. 

      Peran yang keempat yaitu sosial, iklan dapat membuat  khalayak bercermin diri melalui identifikasi khalayak pada model iklan yang mempunyai dampak positif atau negatif. Dalam video yang kami tampilkan diatas, saya kemudian melakukan refleksi diri apakah saya termasuk orang-orang yang melupakan keluarga atau tidak. Dan iklan tersebut membuat saya tersadar bahwa keluarga adalah prioritas utama.

Daftar Pustaka
Rendra Widyatama, Pengantar Periklanan, Pustaka Book Publisher, Yogyakarta, 2007.



Created by:
Anistya Yustika / 150905696

You Might Also Like

0 comments

Powered by Blogger.