Iklan Axe " Heaven On Earth" Menuai Kontroversi
8:21:00 AM
Periklanan khususnya pada
televisi sudah melekat pada masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia terbiasa
menyaksikan iklan televisi jika acara televisi sedang ada jeda pariwara. Iklan
televisi yang jenisnya bermacam – macam dapat membuat penonton bosan ada pula
iklan yang mampu membuat penonton tertarik dengan iklan tersebut. Iklan
televisi mempunyai keunggulan dan kelemahan. Keunggulan iklan televisi yaitu
menghibur masyarakat, memilik lagu dan tema yang unik, kreatif dalam
menampilkan iklan tersebut. Kelemahan iklan televisi yaitu sering dihindari
jika iklan tersebut kurang menarik. Masyarakat masih kurang mampu
menangkap pesan dari iklan yang ditayangkan oleh televisi yang nantinya akan
berpengaruh bagi mereka dalam hal positif maupun negatif. Iklan televisi bisa
mempengaruhi gaya hidup maupun pola berpikir masyarakat. “Tidak sedikit
masyarakat yang terpengaruh oleh kreatifitas iklan sehingga mereka mudah
mempercayai dan meyakini keistimewaan produk tersebut (Imanto, 2012)”.
Masyarakat sebenarnya
tidak mengetahui dan tidak mengkaji lebih dalam iklan tersebut yang sebenarnya
masih ada beberapa iklan yang memiliki kontroversi. Masih banyak iklan yang
melanggar hak siar seperti yang dikatakan dalam pasal 36 ayat 1 UU No. 32 tahun
2002 tentang Penyiaran, “Isi siaran wajib mengandung informasi, pendidikan,
hiburan, dan manfaat untuk pembentukan intelektualitas, watak, moral, kemajuan,
kekuatan bangsa, menjaga persatuan dan kesatuan, serta mengamalkan nilai-nilai
agama dan budaya Indonesia.” Perusahan periklanan yang tidak memperhatikan
pasal 36 ayat 1 UU No. 32 tahun 2002 sering kali hanya menampilkan iklan
sebagai hiburan dan tidak mengandung nilai – nilai yang baik. Contohnya iklan Tori – Tori Cheese
Crackers yang menampilkan seorang wanita yang menggenggam dua produk
tersebut menari sambil mengangkang. Iklan tersebut menjadi kontroversi karena
mengandung unsur pornografi.
Dari beberapa iklan yang
menimbulkan kontroversi terdapat iklan yang menjadi perbincangan di tengah
masyarakat dan mempunyai efek negatif bagi masyarakat yaitu iklan “Axe – Heaven On
Earth” . Iklan ini mempunyai tagline “ Wangi Seksinya
Membuat Bidadari Lupa Diri “ yang menampilkan empat wanita sebagai bidadari
dan satu pria yang memakai produk tersebut. Empat wanita ini adalah selebriti
yang bernama Marissa, Luna Maya, Chantal Della, dan Uli Auliani. Iklan yang
berdurasi 60 detik ini menampilkan seorang pria yang menyemprotkan parfum Axe
sebelum tidur. Tidak lama kemudian datang bidadari pertama yang menarik selimut
pria tersebut karena mencium bau parfum. Lalu datang bidadari kedua dan ketiga
yang tertarik bau parfum tersebut dan memanjakan pria yang memakai parfum.
Setelah itu datang bidadari yang terakhir dengan membawa sponge untuk mandi.
“Pada adegan ini menimbulkan kontroversi karena cara berpakaian empat
bidadari sangat tidak pantas memperlihatkan auratnya dan adegan yang dilakukan
mengandung unsur pornografi (Padila, 2013)”. Iklan ini sangat tidak layak
ditayangan diluar jam tayang dewasa karena akan berdampak pada anak atau remaja
yang menonton sehingga menimbulkan reaksi yang tidak baik. Menurut data yang
diambil dari KPI.go.id pada tanggal 11 September 2012, KPI menegur penayangan
iklan Axe – Heaven
On Earth di Trans 7 yang melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar
Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012 menimbulkan kesan pria sedang
berhubungan intim dengan empat bidadari. Tayangan tersebut melanggar
perlindungan atas anak – anak dan remaja, norma kesusilaan dan kesopanan. KPI
telah memberikan surat imbauan No. 413/K/KPI/07/12 tertanggal 2 Juli 2012 untuk
perbaikan internal dan kelayakan penayangan yang dinilai tidak layak tayang di
luar jam dewasa.” Iklan axe menimbulkan efek yang disebut Axe Effect
dinilai menjatuhkan martabat perempuan yang dimaknai sebagai sosok yang lembut,
penyayang tetapi dengan tayangan iklan ini perempuan menunjukan sifat yang
terlampu agresif dan sifat yang tidak pantas sehingga tidak disetujui untuk
ditayangkan ( Mukti, 2014)” . Tidak hanya iklan Axe yang tayang di Indonesia
saja, iklan parfum Axe yang tayang di televisi Afrika Selatan mendapat banyak
kecaman dan menimbulkan kontroversi. Seperti yang ditulisakan oleh Internasional.Kompas.com
pada tahun 2011, iklan Axe ini dinilai telah menyinggung umat Kristiani karena
iklan yang berdurasi 60 detik tersebut menayangkan sejumlah perempuan yang
berperan sebagai malaikat jatuh satu persatu ke bumi karena tertarik dengan
aroma parfum Axe. Warga lainnya yang melihat sangat takjub karena para
perempuan tersebut mempunyai halo ( lingakaran cahaya) diatas kepala. Pada
akhir adegan para perempuan itu memecahkan halo mereka didepan pria yang
mengenakan parfum Axe. Iklan tersebut diakhiri dengan kalimat “ Bahkan para malaikat
pun akan jatuh” . Sesuai laporan dari Daily Mail tahun 2011 ( dalam kompas
internasional,2011), Iklan ini mendapat teguran dari Otorita Standar Periklanan
(ASA) Afrika Selatan karena ada salah satu pria yang melaporkan bahwa iklan
tersebut menyinggung umat Kristiani. Pria tersebut marah bahwa utusan Tuhan
secara harafiah tidak jatuh begitu saja hanya karena mencium aroma parfum yang
dikenankan oleh seorang pria. ASA lalu melarang iklan tersebut ditayangankan
karena memperburuk citra malaikat sebagai utusan Tuhan yang baik hati dan
membawa pesan damai. Namun dengan begitu menurut ASA, iklan ini hanya
berdasarkan hyperbola hanya saja penempatannya kurang tepat.
Berdasarkan data yang
saya ketahui, dari semua iklan Axe yang di tayangan banyak yang mengandung
unsur pornografi dan tidak layak untuk ditayangkan.Walaupun pada akhirnya
sifat pria pada iklan tersebut tetap maskulin dan pemeran perempuannya tetap
feminim hanya saja terdapat sifat yang agresif dari pemeran perempuan.
Masyarakat harus hati – hati dalam menonton iklan tersebut dan harus
mendampingi anak apabila tidak sengaja menonton iklan tersebut.
Daftar Pustaka
· 1.
Mukti, G . 2014. “Pemaknaan Khalayak terhadap Adegan Axe Effect dalam Iklan
Televisi Axe “. Jurnal FISIP Universitas Diponegoro Semarang.
· 2. Padila, A. 2013. “Representasi Sensualita Perempuan pada
Iklan: Pemaknaan Khalayak terhadap Adegan Axe Effect dalam Iklan Televisi Axe”.
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta
· 3.
Imanto,T. 2012. “ Pengaruh Iklan Televisi dalam Pencitraan Gaya Hidup”.
Universitas Esa Unggul Jakarta.
· 4. http://internasional.kompas.com/read/2011/10/28/11481217/Menyinggung.Iklan.Malaikat.Jatuh.Dilarang
(di akses : 28 Oktober 2011)
· 5. http://www.kpi.go.id/index.php/lihat-terkini/30773-kpi-tegur-iklan-axe-versi-kencan-dengan-bidadari-trans-7
(11 sept 2012)
Created by:
Maria Theresia Desy / 150905716
1 comments
Terima kasih infonya gan.
ReplyDeleteLumayan buat nambah wawasan.
Gema Parfum
Parfum Axe.
----------