Efek Penggunaan Produk Clean & Clear pada Kulit Wajah Remaja

12:51:00 AM

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXd5GMznpmSjERdYLFVVKVa-XXyV61Xy6o7H2MoCY6sVrZdAF5l4XPjDlKHFBa4-sB7UXw2JW3f_HnQOFwKzjxsxZeEh0kaYhGwwhriO6xW4FxZVE4OUpS0MRhFneID2MDfjUHoVYxe6I/s1600/CCC.jpeg
Dewasa ini, cara mempromosikan barang atau jasa untuk menarik minat konsumen semakin kreatif dan beragam. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya iklan yang disiarkan melalui media massa khususnya televisi. Sebagaimana yang telah kelompok saya bahas dalam tugas sebelumnya, iklan yang disiarkan di TV memiliki nilai plus tersendiri jika dibandingkan dengan iklan pada media massa lainnya seperti koran, majalah, tabloid, radio, dll. Iklan di televisi memiliki efek yang paling kuat daripada iklan ada media massa lain karena adanya kombinasi antara visual, suara, dan gerak yang membuat siapapun yang melihatnya akan lebih tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan daripada hanya membaca atau mendengarkan saja produk yang sedang dipromosikan. Karena itulah, konsumen cenderung lebih memiliki minat pembelian yang lebih tinggi karena dianggap lebih dapat meyakinkan para konsumen.  Selain itu, produk  yang diiklankan pada media massa ini akan membuat konsumen lebih familiar sehingga konsumen cenderung lebih memilih produk yang diiklankan di televisi daripada yang tidak diiklankan pada media massa ini.
            Iklan yang ditayangkan di televisi cenderung akan menarik minat para konsumen karena adanya model-model berpenampilan menarik yang menawarkan berbagai produk yang diiklankan. Terlebih jika produk yang ditawarkan adalah produk kecantikan seperti bedak, lipstik, body lotion, pemutih wajah, dan pembersih muka. Sangat kecil kemungkinannya apabila pemilik produk memilih model yang tidak memiliki penampilan yang menarik karena seperti yang dapat kita lihat pada iklan yang ditayangkan di televisi, model-model iklan produk kecantikan tersebut rata- rata memiliki paras yang menarik, berkulit putih dan halus, memiliki rambut yang bagus, dan tentunya memiliki postur tubuh yang ideal. Contohnya saja, Estelle Linden, gadis cantik blasteran Indonesia-Belanda yang membintangi iklan Clean & Clear Deep Action Daily Pore Cleanser. Iklan pembersih wajah yang memiliki tagline usir komedo bantu cegah balik lagi ini tentunya memilih model berpenampilan menarik seperti Estelle dengan tujuan agar para konsumen tertarik membeli produk agar memiliki wajah putih, mulus, tidak berminyak dan bebas komedo seperti Estelle.
            Namun sangat disayangkan, iklan ini menimbulkan dampak buruk yang saya alami sendiri, teman saya, maupun masyarakat yang tentunya juga ikut tertarik untuk membeli produk ini. Karena saya dan teman saya memiliki wajah yang kusam, berjerawat, dan berkomedo, kami memutuskan untuk membeli produk Clean & Clear Deep Action Daily Pore Cleanser karena dalam tayangan iklan tersebut dikatakan bahwa produk ini memiliki kandungan apple micro-beads dan pure rice yang akan menyerap minyak di wajah sehingga komedo tidak akan kembali lagi. Tetapi, setelah beberapa kali kami memakai produk tersebut, produk tersebut tidak juga dapat menghilangkan komedo yang menempel pada hidung kami. Celakanya, kulit wajah saya menjadi kering, berjerawat, dan semakin berkomedo. Hal yang sama juga dialami oleh teman saya, namun dia terkena dampak yang lebih parah yaitu kulit wajahnya menjadi kering dan beruam yang menyebabkan kulit wajahnya tersebut tidak halus lagi, dahinya dipenuhi oleh jerawat dan komedo pun semakin gencar menempel pada hidungnya. “Sial banget nih bukannya bikin kulit jadi mulus, ga jerawatan, sama komedo pada ilang, mukaku malah jadi kayak gini” keluh teman saya yang bernama Nada yang sedang berkuliah di Universitas Brawijaya ini.
            Saya dan teman saya yang bernama Nada tersebut pun berfikir bahwa produk ini mungkin tidak cocok untuk kulit wajah kami sehingga menimbulkan efek-efek yang tidak diinginkan seperti yang sudah saya uraikan pada paragraf sebelumnya. Namun ternyata, beberapa teman saya juga merasakan dampak yang hampir sama dengan yang kami alami. “Pake sabun muka Clean & Clear bikin kulitku jadi aneh, setelah cuci muka kulit wajahku jadi kering dan kesat, tapi beberapa jam kemudian malah jadi berminyak” keluh Desy mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY yang memakai produk ini selama hampir satu bulan. Selain Desy, hal yang sama juga terjadi pada  Cathrine. “Mukaku jadi berminyak banget terus komedo malah tambah banyak gitu” ucap Cathrine mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY yang memakai produk Clean & Clear selama dua bulan ini.
            Tidak hanya saya dan teman-teman terdekat saya yang mengalami efek-efek yang tidak diinginkan tersebut melainkan setelah saya mencari di internet mengenai review produk ini, terdapat banyak remaja perempuan yang mengalami efek yang hampir sama dengan yang saya alami. Seperti pemilik blog dinmaulina.blogspot.com ia mengatakan bahwa produk ini tidak menimbulkan efek yang baik pada kulit wajahnya, komedo tetap ada dan produk ini membuat kulit wajahnya terasa tertarik-tarik. Efek lain yang muncul ketika pemakaian produk ini pun menimpa pemilik blog ayujjang.blogspot.co.id Setelah memakai produk ini selama satu minggu, pemilik blog tersebut malah memiliki banyak bentolan merah pada wajahnya yang setelah ditusuk mengggunakan alat penusuk jerawat, komedo putih dan darah pun keluar. Keduanya telah mengalami efek yang hampir sama dengan efek yang saya alami dan teman-teman terdekat saya alami karena saya melihat sendiri terdapat foto-foto wajah mereka yang menunjukan keaslian dampak penggunaan produk ini.   
             Tentunya, tidak semua pemakai produk ini mengalami dampak yang sama seperti yang kami alami sebelumnya. Namun, setelah saya melakukan wawancara dengan beberapa remaja dan mencari review produk keluar Johnson & Johnson tersebut di internet. Responden dan hasil review produk ini kebanyakan tidak membawa dampak positif bagi pemakainya. Melainkan justru sebaliknya. Padahal, tujuan para remaja membeli produk ini adalah untuk mengurangi minyak yang akan menyebabkan timbulnya banyak jerawat dan komedo. Namun, pada kenyataannya pemakaian produk ini pun tidak berhasil membuat kulit wajah kita seperti apa yang dijanjikan dalam iklan tersebut. Kasus ‘termakan iklan’ seperti ini merupakan salah satu dari sekian banyak efek komunikasi massa. Karena masyarakat melihat iklan tersebut, masyarakat pun seakan terbius seketika dan langsung percaya bahwa produk yang diiklankan tersebut akan benar-benar membawa dampak yang positif bagi konsumen. Padahal kenyataannya tidak selalu demikian. 

Daftar Pustaka
https://www.youtube.com/watch?v=eHPwtzpLbxE
http://ayujjang.blogspot.co.id/2015/03/review-clean-and-clear-deep-action.html
http://dinmaulina.blogspot.co.id/2013/06/review-clean-clear-deep-action-daily.html


Created by:
Anistya Yustika / 150905696 

You Might Also Like

47 comments

  1. bener bgt.. aku juga ngerasain hal yang sama. nyesel bgt2.

    ReplyDelete
  2. Iya yah.. Punya ku juga tujuannya biar kulit wajah bisa lembab pake (clean&clear natural bright) eeh malah bikin nambah kering, udah gitu gatal" panas dan ngelupas gitu.

    ReplyDelete
  3. Iya yah.. Punya ku juga tujuannya biar kulit wajah bisa lembab pake (clean&clear natural bright) eeh malah bikin nambah kering, udah gitu gatal" panas dan ngelupas gitu.

    ReplyDelete
  4. Iya wajah ku jadi gak halus, kasar banyak jerawat juga

    ReplyDelete
  5. sama, aku juga pake clean n clear malah bikin jerawatan. dulu jerawatku biasa aja, sekarang malah jadi parah n makin banyak pas pake clean n clear

    ReplyDelete
  6. Mungkin kulit kalian gk cocok sama produk itu.. temanku pakai, dia malah lebih menjadi halus, cerah, komedo hilang gitu deh

    ReplyDelete
  7. mungkin banyak yang tidak cocok. hampir semua orang berbeda cara nyembuhin jerawatnya. saya pakai itu wajah saya jadi ckup bersih. tapi temen saya nggak. kulit saya jenis kulit berminyak. nah temen saya itu normal yg nggak berminyak jadi pas dia pakek itu kek kering gitu wajahnya. mungkin lebih baik kenali dulu jenis kulitnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi aku berminyak malah jadi kasar, kering bgt:((

      Delete
  8. Aku pakai clear n clear malah jarang jerawatan muka jadi halus trs juga cerah. aku sudah 4 tahun pakai clean n clear. jenis kulitku berminyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mba,, mba-nya pake produk C&C yg mna yh??

      Delete
    2. Kalo aku juga Alhamdulillah cocok pake clean&clear ,udah 4bulan jrawat aku jadi mendingan juga muka aku ngga terlalu berminyak lagi

      Delete
    3. Kalo kulit yang berminyak cocok ya pakek cleanandclear aku baru pake nih..kulitku berminyak banget

      Delete
  9. Kalau aku pake Clean n Clear malah mukaku jadi nggak begitu kering dan komedo berkurang. Dulunya kulit aku itu kering dan komedoan. Mungkin untuk mbak" yang ngeluh CnC ga baik, kayaknya CnC itu ada bahannya yang terlalu tajam dan kulit mbak" pada sensitif jadi ga cocok pake CnC. Soalnya di aku itu enak si mbak, komedo berkurang padahal cuma pake CnC yang biasa. Aku recommended pake POND'S Pinkish White (klo ga salah, tapi ada Pinkish nya). Soalnya bbrp temen aku pake itu mukanya jadi enak dan dari bbrp review sabun cuci muka itu bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu kulit kering ? Pake CnC yg mana ? Namanya apa ?

      Delete
    2. Itu produk untuk cuci muka ya? Nma ny apa?

      Delete
  10. mungkin keluarnya jerawat itu sbg detox, jadi keluar semua jerawatnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata bundaku jg gt,soalnya semua itu kan butuh proses,bukan sekali pakai malah lngsng kinclong. Mungkin cara kerjanya emng d detox dl,dan mungkin memang kulit mbat yg sensitif sm" bahan" nya.
      Aku alhamdulillah malahan berdampak positif sm kulitku,kulit jd lbh halus,minyak berkurang,trs komedo jg udh mulai berkurang.
      Klw aku pake CnC brightening facial wash,semiga membantu 😊

      Delete
  11. Tergantung jenis kulitnya aja si..... kalo cocok ya cocok kalo gk ya seperti itu. Dan jugal mungkin jika memilih tidak didasarkan pads jenis kulit apakah kulit berminyak, kering, atau kombinasi dan mungkin saja normal.

    ReplyDelete
  12. Aku juga ka , baru aja ini muka ku jadi kek kering gitu trus kaya ada bintik2 kasar kecil gitu

    ReplyDelete
  13. Bagi yang gak cocok kalian bisa cari tahu jenis wajah kalian dan cocoknya pake produk facial wash apa disini yaa http://monalison.blogspot.co.id/2013/01/cari-tahu-jenis-kulit-wajah-kita-yukk.html?m=1

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Tapi emang gk keluar busa kayak sabun biasanya itu yaa kak

    ReplyDelete
  16. Aku dulu ganti ganti mulu sama sabun muka terus direkomendasi kan teman aku clean n clear, awalnya ragu terus liat sepupu aku mukanya yh dlu kusam hilang pakai clean n clear juga, yah ku beli dan cocok, malah coba ganti merk lain dgn harga sama malah wajah tambah kusam dan jerawtn, pas balik lagi ke clean n clear yaa bersih lagi, trus pakai sabun komedo nya pun manjur dan mudarat, dan tipe saya wajah saya emang berminyak banget si

    ReplyDelete
  17. iya, aku pake malah numbuh jerawat gede di dagu. sebelumny kukira karna efek mau haid, trnyta pas kucoba dilain waktu emg bener jadi numbih jerawat gede, kali ini di pipi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru pakai clean n clear,terus tumbuh jerawat di dagu dan di pipi,dan itu gak hilang-hilang :(

      Delete
    2. Sama.Terus cara ngilanginnya gimana kak?

      Delete
    3. Sama.Terus cara ngilanginnya gimana kak?

      Delete
  18. Awalnya kulit wajahku bersih mulus dan bahkan jarang banget yang namanya jerawat dateng, kadang tiga bulan gak ada jerawatnya sama sekali (kenyataannya emang gitu,gak sombong). Tapi semenjak ganti sabun cuci muka pakai clean n clear (mendadak beli karna sabun cuci muka yg biasa lgi abis, dan setau aku clean n clear ini diiklanin sama remaja dan aku juga masih remaja, yaudah aku coba), eh jerawat mendadak timbul 2 di bagian pipi, dan setiap harinya nambah, ya bisa dibilang jerawat bruntus 😢 aku kaget, biasanya aku pakek apa aja aman karna tipe kulit wajahku normal. Habis cuci muka pkek produk itu emang rasanya keset bgt dan wajah jadi keliatan putih pucat bersih, eh tapi efeknya malah bikin jerawat di pipi kanan, kiri, dahi, dan dagu. 😢😥

    ReplyDelete
  19. Kalau aku pribadi cocok sama produk ini.. tipe kulitku berminyak parah, waktu SMA Kelas 2 mukaq jerawatan dan jerawatku sembuh setelah rutin cuci muka pake c&c. Dan bahkan sampe sekarang udah 5 tahun aq masih setia sama c&c wajahku tidak berminyak lagi dan jerawat mungkin tumbuh 1 kalau lagi menstruasi aja.. ya mungkin tipe wajah seseorang beda2 ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu pake CnC yang merek apa? Yang normal atau yang daily pore itu?

      Delete
    2. Hello,,kak AQ pake yg daily pore kok jadi kasar ya mukak ku

      Delete
    3. Aku pakek yang daily pore jerawatku hilang, tapi kalo bruntusannya belum ilang seluruhnya, emang sih awalnya muka aku pakek cnc yang daily itu jerawat muncul terus tapi sekitar semingguan jerawat² pada ilang, tinggal bruntusan aja sih yang belum Ilang

      Delete
    4. Aku pakek yang daily pore jerawatku hilang, tapi kalo bruntusannya belum ilang seluruhnya, emang sih awalnya muka aku pakek cnc yang daily itu jerawat muncul terus tapi sekitar semingguan jerawat² pada ilang, tinggal bruntusan aja sih yang belum Ilang

      Delete
    5. Aku pakek yang daily pore jerawatku hilang, tapi kalo bruntusannya belum ilang seluruhnya, emang sih awalnya muka aku pakek cnc yang daily itu jerawat muncul terus tapi sekitar semingguan jerawat² pada ilang, tinggal bruntusan aja sih yang belum Ilang

      Delete
  20. Terimakasih infonya sangat membantu. Jangan lupa kunjungi http://bit.ly/2LQOByC

    ReplyDelete
  21. Kira kira pake apa ya yg cocok buat hilangkan jerawat sama bekasnya,mohon saran nya ya
    Soalnya jerawat nggak sembuh sembuh nambah banyak malah

    ReplyDelete
  22. The ordinary yang salicylic acid sama niacinamide+zinc

    ReplyDelete
  23. Selama ini aku fine fine aja pake CnC, Dan tipe kulitku berjerawat, berminyak, pori pori besar

    ReplyDelete
  24. Terus apa dong solusi untuk kita2 yg gak cocok pakai CnC
    Soal nya bingung klw udh kegiatan gini

    ReplyDelete
  25. Kalo aku kok langsung megar ya, baru seminggu pemakaian. Terusin apa engga ya? Kasih saran dong. Megar di daerah t zone aja tapi

    ReplyDelete
  26. Ya ampuun, baru pertama pake produk ini langsung gatel-gatel nih muka, cari-cari di google knpa malah nemu ini 😭 nyesel belinya

    ReplyDelete
  27. Aq udah pke pke clean n clear bru sebulan ekh tpi bgus bgt loh buat kulit aq terbukti wajah aq mkin mulus trus minyakx brkurang, bekas jrwat q jg mkin brkurang..

    ReplyDelete
  28. Yang paling penting sebelum memilih skincare adalah mengetahui jenis kulit wajah kita dulu, ga semua orang lahir dengan kondisi yg sama. Skincare mah emang dari dulu cocok2an gais

    ReplyDelete
  29. Aku itu cenderung kulit wajah yng berminyak,berjerawat,komedo,dan kulit yang kombinasi dan berminyak di bagian T (dahi,hidung). Aku memakai produk C&C itu tertarik ketika iklannya dan gatau kenapa tiba tiba aja pengen beli,da akhirnya beli itu juga tanpa baca baca riviunya. Setelah membeli dan aku coba memang muka langsung aga putih,kenceng,tapi aga kasar namunnn setelah beberapa menit mukaku gatal dan minyak semakin membanyak,dan aku kira itu hanya penyesuaian muka,dan di hari kedua aku memakainya lagi tetapi muncullah beberapa jerawat di pipi,bawah hidung,dagu,jidat.ku kira akan haid ternyata aku tidak cocok dengan produk itu.maka dari itu buat kalian jangan terpaku oleh iklan.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.